Sambung Ikatan Guru-Murid, Prodi Sastra Jawa Kuna Unud Laksanakan Kegiatan Punia Bakti

DENPASAR – Program Studi (Prodi) Sastra Jawa Kuna, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana melaksanakan kegiatan Punia Bakti ke hadapan para dosen yang telah purnabakti pada Minggu, 5 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan perayaan HUT ke-65 Prodi Sastra Jawa Kuna dan HUT ke-13 Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Jawa Kuna (Himawan).

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Minggu pagi oleh mahasiswa dan dosen-dosen. Mereka membagi diri ke masing-masing rumah dosen, kemudian melakukan silaturahmi. Para dosen purna bakti pun merasa sangat antusias menerima kunjungan dari Prodi Sastra Jawa Kuna.
“Saya merasa sangat terharu menerima kunjungan ini. Kegiatan ini menjadi bukti kekeluargaan Sastra Jawa Kuna yang tidak lekang oleh zaman. Meskipun saya sudah pensiun, saya masih diingat dan seolah tidak ada sekat di antara kita,” kata Dosen Sastra Jawa Kuna Purna Bakti, I Made Wijana ketika dikunjungi panitia.

Koordinator Program Studi Sastra Jawa Kuna, Prof. Dr. I Nyoman Suarka, M.Hum., mengatakan bahwa Kegiatan Punia Bakti merupakan tanda silaturahmi antar institusi dan mereka yang pernah terlibat. Kegiatan ini adalah bentuk tali kasih yang bermakna bahwa tidak ada istilah mantan guru di dalam budaya akademik Prodi Sastra Jawa Kuna.

“Sekalipun guru kita sudah purnabakti, dalam arti tidak lagi mengajar di tempat formal. Namun, secara informal, guru-guru tersebut tetap memberi kita kesempatan untuk bertukar pemikiran dan pengalaman untuk mengembangkan program studi. Ini adalah bentuk bakti anak didik terhadap gurunya,” katanya berharap tali silaturahmi itu tidak akan pernah putus.

Pada pelaksanaan HUT tahun 2023, Prodi Sastra Jawa Kuna mengusung tema HUT “Sastra Nitya Rupa: Sastra Jawa Kuna Melintasi Ruang dan Masa”. Bersandar pada tema tersebut, program-program pun dilaksanakan dengan berbasis konsep alih wahana sastra Jawa Kuna ke dalam berbagai bentuk kebudayaan lainnya.

Selain Punia Bakti, selama sepekan ke depan juga akan dilaksanakan acara Raksa Rinaksana (Konservasi Lontar) pada Senin (6/11); Utsawa (Lomba Apresiasi Sastra Kakawin) pada Selasa (7/11); Cayarupa (Gelar Film Berbasis Sastra Jawa Kuna) pada Rabu (8/11); Sabawarasa (Bincang Alih Wahana Sastra Jawa Kuna ke Sastra Modern) pada Kamis (9/11); dan Mahotsawa (Puncak Acara dan Seminar Nasional) pada Jumat (10/11).*